Selasa, 09 September 2014

Karakter Mahasiswa

  Tidak ada komentar


KARAKTER MAHASISWA

Apa itu karakter ? karakter sikap,watak yang menggambarkan kepribadian seseorang sebagai identitas diri yang membedakan satu individu dengan individu lain.
berikut adalah karakter mahasiswa yang harusditekaknkan yang membuat mahasiswa dan siswa berbeda.
Mahasiwa mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada siswa sehingga agar terlihat pembeda yang mencolok mahasiswa harus mempunyai karakter sebagia berikut:
1.berakhlak mulia dan taat beragama
Berpegang teguh pada agama adalah hal yang paling utama. Karaena agama adalah pengontrol akhlak rasa takut pad tuhan atas perintah dan laranganya menghalangi dir kita melakukan hal yang di lur norma yanh  uruk dimata masyarakat. Ingat disiplin adalah hal yang tidak perlu diawasi. Adi meskipun tidal diawasi otrang tua yang mengontrol keseharian kita kita tetap harus berakhlak mulia. Tuhan yang selalumegawasi kita. Sebagai waga Negara yang mencintai Indonesia kita juga harus menjunjung tinggi ideology pancasila dengan bermoral pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh lain berakhlak mulia diantaranya
  1. Jujur
  2. Bijaksana
  3. Betanggung jawab
  4. Huznudhon
  5. Sopan santun
  6. Menghormati orang lain
  7. Dll
  8.  
2.Mengabdi pada masyarakat

            Mahsiswa pada hakikatnya adalah agen pembawa perubahan yaitu “the agent of change “ sehingga sebagai mahasiswa kita harus turut berperan membawa perubahan bagi bangsa ini atas ketidak adilan dan penyelewengan yang dilakukan pemerintah. Sehingga ahsiswa harus peka dengan keadaan yang sekarang terjadi. Mahasiwa juga “the agen of control” roda pemerintahan kadang brgulir tidak seperti apa yang seperti janji manis pemerintah yang tidak tereliasasi sehingga perlu adanya control yang harus dijalankan agar pemerintahan berjalan baik dan lancar. Sebagai warga Negara kita tidak perlu menyalahkan pemrintahan kita yang penuh dengan ketidakadilan.cikup melakukan gerakan perubahan bagi masyarakat yang sudah menjerit dengan keaddan ynag mereka alami. Missal saat terjadi bencana alam kita sebagai waraga Negara yang berbineka tunggal ika menggulurkan bantuan dengan mengadakan bakti social dan membantu bantuan logistic seperti bahan makanan. Sebagai manusia kita dalah mahluk social yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Sehingga kita harus membantu apa yang saudara kita alami.
            Hal yang tidak kalah penting yang miris yang terjadi pada bangsa yang perlu disoroti adalah  masih banyak anak-anak yang putus sekolah bahkan ada yang tidak sekolah, miris mereka adalah generasi bangsa yang memilik potensi pabila terfasilitasi dengan pendidikan yang baik. Kadang fenomena alam yang terjadi juga menghambat proses belajar mengajar siswa. Oleh karena itu sebagi mahasiswa yang berpendidikan yang mempunyai ilmu yang lebih alangkah baiknya apabila kita mendirikan rumah singgah bagi anak jalanan yang putus sekolah atau memberi bimbingan dan pelatihan tentang ketrampilan sehingga mereka tidak pengganguran dan bisa hidup produktif. Karena banyak sekali diantara mereka yang malas yang hidup bergantung dari belas kasihan yaitu mengemis. Mengemismenggajari masyarakat malas padahal jika mereka mau mereka bisa produktif sendiri.maka yang belum berkesempatan bersekolah supaya masyarakat yang pengganguran perlu disosialisasikan untuk  produktif dengan wawasan ilmu. Karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain.
Ayo lakukan pengabdian pada masyarakat agar Indonesia tanah kita sejahtera. Mari mengabdi pada masyarakat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar