Selasa, 09 September 2014

APLIKASI ILMU FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  21 komentar


                        APLIKASI ILMU FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Banyak orang yang beranggapan bahwa Fisika hanya sekedar ilmu biasa yang hanya mempelajari ilmu alam tanpa ada penerapannya. Terutama masih banyak orang yang beranggapan bahwa Fisika hanya mempelajari rumus. Dan tak sedikit yang  tidak menyadari bahwa banyak peristiwa bahkan hal-hal yang sangat dekat dengan kita melibatkan ilmu Fisika. Bahkan Fisika merupakan ilmu dasar yang sangat dibutuhkan oleh cabang ilmu-ilmu lain. Mengapa Fisika sangat penting dalam kehidupan kita? Tentu karena banyak peristiwa dalam kehidupan kita yang melibatkan ilmu Fisika baik kita sadari maupun tan.pa kita sadari. Semakin kita memahami Fisika kita akan mengetahui bahwa Fisika mempunyai cakupan yang luas. Berikut adalah contoh aplikasi ilmu Fisika dalam kehidupan sehari-hari.

BERIKUT ADALAH PENERAPAN ILMU FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1.PENERAPAN HUKUM NEWTON
Hukum  1 newton :
sebuah benda mempertahankan kedudukannya. Dikenal dengan hokum kelembaman
contoh : jika kita dalam sebuah mobil dalam keadaan diam.saat mobil itu tiba2 maju badan kita tba2 terdorong ke depan atau ke belakang karena sebelumnya tidak ada gaa yang bekerja pada tubuh kita. Sehingga jika ada gaya yang bekerja tubuh kita member reaksi dengan maju atau mundur.

Hukum  2 newton :
Dikenal dengan rumus
F = m x a

penerapanya saat kita berada dalam lift

hukum 3 newton :
ini merupakan gaya aksi = reaksi
contoh : saat kita mendorong meja maka meja akan bergerak sesuai gaya yang kita berikan yang akan bergerak berlawanan dengan arah dorong kita.

2. Aplikasi Gerak Lurus Beraturan

Gerak  Lurus Beraturan (GLB) merupakan gerak yang memiliki kecepatan yang konstan. Walaupun GLB sulitditemukan dalam kehidupan sehari-hari, karena biasanya kecepatan gerak benda selalu berubah-ubah. Misalnya ketika kamu mengendarai sepeda motor atau mobil, laju mobil pasti selalu berubah-ubah. Kecepatan dan kelajuan mempunyai pengertian yang berbeda
Jika kecepatan adalah jarak yang ditempuh persatuan waktu.sedangkan kelajuan adalah selisih jarak yang ditempuh persatuan selisih waktu awal sampai akhir.

Contoh :
gerakan kereta api atau kereta listrik di atas rel. Lintasan rel kereta kadang lurus, walaupun jaraknya hanya beberapa kilometer. Kereta api melakukan GLB ketika bergerak di atas lintasan rel yang lurus tersebut dengan laju tetap.

3.Aplikasi GLBB dalam kehidupan sehari-hari

GLBB merupakan gerak lurus berubah beraturan. Berubah beraturan maksudnya kecepatan gerak benda bertambah secara teratur atau berkurang secara teratur. Perubahan kecepatan tersebut dinamakan percepatan. Secara awam sangat r menemukan benda yang melakukan gerak lurus berubah beraturan. Pada kasus kendaraan beroda misalnya, ketika mulai bergerak dari keadaan diam, pengendara biasanya menekan pedal gas (mobil dkk) atau menarik pedal gas (motor dkk). Pedal gas tersebut biasanya tidak ditekan atau ditarik dengan teratur sehingga walaupun kendaraan kelihatannya mulai bergerak dengan percepatan tertentu, besar percepatannya tidak tetap alias selalu berubah-ubah.
Contoh : GLBB dalam kehidupan sehari-hari pada mobil yang dikendarai dengan kecepatan berubah- ubah.
4.Aplikasi GJB dalam kehidupan sehari-hari
Gerak jatuh bebas adalah gerak yang terjadi tanpa ada gaya luar yang bekerja
Contoh : buah kelapa yang jatuh dari pohonya
5.Aplikasi energi(nuklir) dalam kehidupan sehari-hari:

Teknologi dan teknik penggunaan nuklir dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang besar untuk pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Misalnya, nuklir dapat digunakan di bidang pertanian, seperti pemuliaan tanaman Sorgum dan Gandum dengan melalui metode induksi mutasi dengan sinar Gamma .

Di bidang kedokteran, teknik nuklir memberikan kontribusi yang tidak kalah besar, yaitu,
terapi three dimensional conformal radiotherapy
(3D-CRT), yang dapat mengembangkan metode pembedahan dengan menggunakan radiasi pengion sebagai pisau bedahnya. Dengan teknik ini, kasus-kasus tumor ganas yang sulit dijangkau dengan pisau bedah konvensional menjadi dapat diatasi, bahkan tanpa merusak jaringan lainnya.

Di bidang energi, nuklir dapat berperan sebagai penghasil energi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). PLTN dapat menghasilkan energi yang lebih besar dibandingkan pembangkit PLN.
Energi nuklir biasanya juga dimanfaatkan dalam bidang militer yaitu untuk membuat bom. Peristiwa Bom nuklir yang paling terkenal adalah Hirosma dan Nagasaki yang hingga sekarang kawasn yang terkena bom nuklir tersebut menjadi kota mati karena bom nuklir menghasilkan radiasi yang berbahaya seperti kankker kulit,kanker mata…dll. Sebelum waktu paruh habis sebuah tempat yang teradiasi nuklir tidak boleh ditempati.

Pertanyaan Sederhana yang Mungkin Sulit Dijawab yang Berkaitan Dengan Ilmu Fisika
Banyak fenomena menarik alam, menyimpan “misteri” tanda kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Pertanyaan-pertanyaan muncul sebagai langkah awal untuk menguak ”misteri” tersebut. Pertanyaan yang sederhana diajukan oleh orang sekitar kita tentang fenomena alam mungkin akan sulit kita jawab. Berikut penjelasan fenomena-fenomena alam yang diperoleh dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat.
                                                
1. Mengapa langit biru?

Sinar matahari yang menerangi langit siang berwarna putih yang “terbuat” dari warna pelangi.Debu dan partikel-partikel udara lain di udara mengurai cahaya dari matahari dan biru keluar paling kuat. Delapan foton cahaya biru muncul untuk setiap satu merah (cahaya biru yang memancar keluar dari molekul delapan kali lebih terang daripada cahaya merah). Langit tidak “murni” biru, karena warna-warna lain juga mencapai ke mata kita tetapi warna yang lain “ditenggelamkan” oleh warna biru.

2. Mengapa warna api biasanya orange?
Warna api tergantung dari suhu. Warna biru meanandakan suhu yang sangat tinggi. Api memerlukan oksigen. Ketika lilin terbakar, bagian tengah api,dekat dasarnya, tidak mendapatkan banyak oksigen. Jadi tampak gelap. Tetapi bagian luar dan puncak api mendapat banyak udara, di bagian ini api menyala terang. Saat sumbu terbakar dan lilih meleleh dan mendesis, karbon-serpihan lilin yang terbakar hangus dan berterbangan. Serpihan kecil karbon ini sangat panas, sehingga nyala api berwarna orange.
3. Mengapa bintang berkelap-kelip?

Bintang sebenarnya tidak berkelap-kelip. Bintang kelihatan berkelap-kelip apabila dilihat dari jarak jauh dan ketika cahayanya harus melewati udara dalam perjalananya ke mata kita. Saat sinar bintang melewati udara rapat kemudian udara tipis maka bintang tampak berkelap-kelip.

4. Dari mana datangnya pelangi?

Resep pelangi: butir-butir air di udara, cahaya, dan seseorang untuk melihatnya. Matahari harus “rendah” dilangit (sedikit di bawah garis cakrawala), anda berdiri membelakangi matahari memandang ke arah di mana hujan turun atau hujan baru turun. Seberkas sinar matahari menembus pusat tetesan air hujan kemudian sinar matahari dibiaskan oleh tetesan air hujan akibatnya sinar putih mendadak terpecah menjadi berkas-berkas warna yang cantik (pelangi).

5. Mengapa gelembung bulat?

Gelembung bulat karena tegangan permukaan menyebabkan lapisan cairan menarik diri ke bentuk yang mungkin paling kompak (stabil). Bentuk kompak di alam adalah bola. Jadi udara di dalam ditahan oleh gaya yang sama di sekeliling gelembung (sampai gelembung tidak pecah).

6. Bagaimana cara magnet menarik?

Magnet bisa menarik karena atom-atom dalam kelompok yang disebut domain magnetik (pertikel elementer) memiliki medan magnet dan menghadap ke arah yang sama. Jadi setiap domain seperti magnet kecil. Medan magnet tersebut disebabkan oleh arus listrik elektron-elektron yang bergerak mengorbit nukleus atom.
7. Bagaimana embun terjadi?

Embun terbentuk ketika udara yang berada di dekat permukaan tanah menjadi dingin mendekati titik dimana udara tidak dapat lagi menahan semua uap air. Kelebihan uap air itu kemudian berubah menjadi embun di atas benda-benda di dekat tanah. Sepanjang hari benda-benda menyerap panas dari matahari. Sedangkan di malam hari benda-benda kehilangan panas tersebut melalui suatu proses yang disebut radiasi termal. Ketika benda-benda di dekat tanah menjadi dingin, suhu udara disekitarnya juga menjadi berkurang. Udara yang lebih dingin tidak dapat menahan uap air sebanyak udara yang lebih hangat. Jika suhu udara bertambah semakin dingin, maka akhirnya akan mencapai titik embun. Titik embun adalah suhu dimana udara masih sanggup menahan uap air sebanyak mungkin. Bila suhu udara semakin bertambah dingin, sebagian uap air akan mengembun di atas permukaan benda yang terdekat.

8. Mata terlihat merah hasil foto kamera

Cahaya blitz dari kamera masuk ke mata dan difokuskan ke retina yang terdapat banyak pembuluh darah. Tiba di retina, bayangan sinar tadi dibuat bayangan oleh kamera di film. Dan ketika film di cetak, warna merah retina akan muncul di foto mata, sehingga mata terlihat berwarna merah.

9. Bagaimana kabut terbentuk?

Pada umumnya, kabut terbentuk ketika udara yang jenuh akan uap air didinginkan di bawah titik bekunya. Jika udara berada di atas daerah perindustrian, udara itu mungkin juga mengandung asap yang bercampur kabut membentuk kabut berasap, campuran yang mencekik dan pedas yang menyebabkan orang terbatuk. Di kota-kota besar, asap pembuangan mobil dan polutan lainnya mengandung hidrokarbon dan oksida-oksida nitrogen yang dirubah menjadi kabut berasap fotokimia oleh sinar matahari. Ozon dapat terbentuk di dalam kabut berasap ini menambah racun lainnya di dalam udara. Kabut berasap ini mengiritasikan mata dan merusak paru-paru. Seperti hujan asam, kabut berasap dapat dicegah dengan mengehentikan pencemaran atmosfer.
 
10. Mengapa kita tidak boleh melihat gerhana matahari dengan mata telanjang?

Pada saat kita menatap matahari ketika bagian matahari tertutup bulan, cahayanya tidak terlalu menyilaukan sehingga otak tidak memerintahkan pupil mata untuk mengecil. Akibatnya cahaya matahari yang kurang menyilaukan (tetapi tetap berbahaya) itu masuk dengan leluasa ke mata sampai ke retina. Bagian retina yang menerima cahaya matahari ini akan terbakar, tetapi karena retina tidak punya syaraf rasa sakit, kita tidak akan terasa apa-apa. Gangguan penglihatan baru mulai terjadi beberapa menit atau jam sesudah melihat gerhana.





21 komentar :

  1. Thank you for every other great post. The place else may just anyone get that type of info in such a perfect way of writing? I ave a presentation next week, and I am at the look for such info.
    ibm integration bus training

    BalasHapus
  2. wonderful points altogether, you just gained a new reader. What would you recommend in regards to your post that you made some days ago? Any positive?
    Sap Pp Training From India

    BalasHapus
  3. The QuickBooks Payroll Support Phone Number team at site name is held responsible for removing the errors that pop up in this desirable software. We take care of not letting any issue are available in betwixt your work and trouble you in undergoing your tasks

    BalasHapus
  4. QuickBooks users in many cases are present in situations where they should face lots of the performance and several other errors as a result of various causes of their computer system. If you would like any help for QuickBooks errors from customer service to obtain the way to these errors and problems, it really is an easy task to have of QuickBooks Support Number contact number and discover instant help with the guidance of your technical experts.

    BalasHapus
  5. Support channel at provides on demand priority support each and every and each customer without compromising with all the quality standards. You named a blunder and we also have the clear answer, this can be essentially the most luring features of QuickBooks Enterprise Support Phone Number available on a call at .You can quickly avail our other beneficial technical support services easily once we are merely a single call definately not you.

    BalasHapus
  6. No matter whether you are getting performance errors or perhaps you are facing any kind of trouble to upgrade your software to its latest version, you are able to quickly get advice about QuickBooks 2018 support phone number. Each time you dial QuickBooks Payroll Support Phone Number, your queries get instantly solved. Moreover, you could get in contact with our professional technicians via our email and chat support options for prompt resolution on most related issues.

    BalasHapus
  7. QuickBooks is just one of the great accounting software to easily manage all of those things. And in case you utilize this excellent accounting software and in case you may be suffering from any errors or issues associated with QuickBooks like undo reconciliation in QuickBooks on the internet and many others. Simply contact our QuickBooks Technical Support Phone Number.

    BalasHapus
  8. Creating a set-up checklist for payment both in desktop & online versions is a vital task that needs to be shown to every QuickBooks user. Hope, you liked your internet site. If any method or technology you can not understand, if that's the case your better option is which will make call us at our Support for QuickBooks Payroll.

    BalasHapus
  9. It is possible to dial the QuickBooks 247 Support Phone Number to possess a spoken language because of the QuickBooks Specialists or else you can even talk to them by victimization the chat choice on our internet site.

    BalasHapus
  10. QuickBooks accounting software program is integrated with different products like QuickBooks Enterprise(developed by Intuit) and tools like QuickBooks file doctor. And it offers a number of incredible features (Business plans, cash flow projections, and advanced inventory ) which make it unique off their Quickbooks product. It is best suited for small to medium businesses though it is incredibly expensive. No doubt, it has good compatibility with nearly every version of Windows OS, Mac OS, iOS, and Android. Yet you may require a simple yet effective QuickBooks Enterprise Tech Support Number to take care of payroll management, account management, inventory, along with other accounting activities. AccountWizy provides you a perfect and efficient QuickBooks Enterprise customer care making it all possible.

    BalasHapus
  11. QuickBooks Tech Support Number For Errors Are you currently utilizing the software the first time? You can find some technical glitch. You will have errors also. Where can you turn? Take assistance from us straight away.

    BalasHapus
  12. We make sure your calls aren't getting bounced. In case your calls are failing woefully to relate solely to us at QuickBooks Tech Support Phone Number Services, then you can certainly also join all of us by dropping a contact at our website without feeling shy.

    BalasHapus
  13. QuickBooks Support Phone Number is the better destination to get in touch with the time of these crisis.There are many features that produce QuickBooks Premier standout such as for instance it offers bank security that aids anyone to go with IT maintenance smoothly.

    BalasHapus
  14. Our technical support team is prepared beforehand with all the answers for the majority of common errors in Intuit QuickBooks Support Number. We make sure that the solutions we give you would be best ideal for your software, both for the current situation and for future.

    BalasHapus
  15. QuickBooks Support Phone Number is QuickBooks's best telephone number, the real-time current wait on hold and tools for skipping right through those phone lines to have right to a QuickBooks agent. This phone number is QuickBooks's Best contact number because 9,330 customers like you used this email address over the last eighteen months and gave us feedback.

    BalasHapus
  16. Either it is day or night, we offer QuickBooks Support for QuickBooks and its own associated software in minimum possible time. Our dedicated technical team can be acquired to be able to 24X7, 365 days a year to make sure comprehensive support and services at any hour. We assure you the quickest solution on most your QuickBooks software related issues.

    BalasHapus
  17. Are you scratching the pinnacle and stuck along with your QuickBooks related issues, you are just one click definately not our expert tech support team for your QuickBooks related issues. We site name, are leading tech support team provider for your entire QuickBooks related issues. Either it is day or night, we offer hassle-free tech support team for QuickBooks and its own associated software in minimum possible time. Our QuickBooks Help & Support team can be acquired to be able to 24X7, 365 days a year to make sure comprehensive support and services at any hour. We assure you the quickest solution on most your QuickBooks software related issues.

    BalasHapus
  18. QuickBooks Support Phone Number customer care executives will be available 24/7 only for their users. So get quick help by contacting the QuickBooks customer support contact our toll-free number.

    BalasHapus
  19. Securely access your data:- QuickBooks Payroll Support Number always uses advanced, industry-recognized security safeguards that are going to keep your data protected. Most importantly your data can automatically back up.

    BalasHapus
  20. During software design, programmers code anticipating the occurrence of errors. However, there are no perfect designs, as errors can be expected even with the best program design. Glitches can happen during runtime if a certain error is not experienced and addressed during design and testing. If you would like to learn How To Resolve Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

    BalasHapus
  21. There are several other benefits associated with the online version. As is with other great utilities, QuickBooks Online is also susceptible to errors. QuickBooks Error 9999 is just one such error. Let’s take a look at what this error is. If you would like to learn How To Troubleshoot Quickbooks Error 9999, you can continue reading this blog.

    BalasHapus